GEOLOGI REKAYASA

I. Peristilahan

Istilah Geologi Rekayasa sesungguhnya merupakan perpaduan antara Geologi Teknik dan Geologi Lingkungan. Geologi Teknik banyak membahas aspek teknik geologis dari pada material kerak bumi, sedangkan Geologi Lingkungan banyak membahas tentang kondisi lingkungan geologi suatu wilayah / lahan.

II. Pengertian

Geologi Rekayasa walaupun merupakan istilah baru (sejak tahun 2000) tetapi penerapannya telah menyatu dengan berbagai kegiatan proyek sehingga tidak lagi menjadi sesuatu yang baru sebagai subyek. Penerapan Geologi Rekayasa lebih menekankan pada aspek pemanfaatan lahan secara teknik geologis sejalan dengan kondisi lingkungan yang tersedia. Karena itu Pengertian Geologi Rekayasa adalah suatu disiplin ilmu, yang membahas mengenai bagaimana suatu lahan / wilayah, dapat secara layak dimanfaatkan, dan pemanfaatannya terlaksana sesuai dengan prinsip-prinsip geologi baik secara teknis maupun secara tatalingkungan.


III. Pengetahuan Pendukung

Pengetahuan dasar sebagai pendukung dalam mempelajari Geologi Rekayasa adalah Fisika, Kimia, Biologi, Matematika. Keempat komponen tersebut dijadikan sebagai komponen input. Sedangkan Komponen Geologi Dasar dan Geologi Teknik dan Lingkungan merupakan komponen penguat terhadap Geologi Rekayasa sebagai komponen output. Dibawah ini digambarkan tentang skema hubungan antar komponen-komponen tersebut.


IV. Tujuan Mempelajari Geologi Rekayasa

  • Tujuan Umum

Mahasiswa mengetahui tentang pengertian Geologi Rekayasa dan mampu bekerja sama dengan tenaga Ahli Geologi Rekayasa dalam memanfaatkan suatu lahan terhadap pekerjaan-pekerjaan konstruksi
.
  • Tujuan Khusus

  1. Mahasiswa dapat mengetahui tingkat kelayakan pemanfaatan suatu lahan / wilayah untuk pembangunan/konstruksi, berdasarkan prinsip-prinsip geologi.
  2. Mahasiswa dapat mengetahui prinsip-prinsip dasar secara geologi penetapan kelayakan pemanfaatan suatu lahan / wilayah untuk pembangunan/konstruksi.
  3. Mahasiswa mampu menerapkan pengetahuan Geologi Rekayasa dalam pemanfaatan lahan untuk pekerjaan konstruksi.


V. Sistematika
  • Pendahuluan
  • Batuan
  • Topografi
  • Geohidrologi
  • Tektonik dan Kegempaan
  • Fieldtrip


VI. Pustaka
  1. ARDAMANSA,: "Studi dan Sintesa Pemikiran Tektonik Lempeng terhadap Perkembangan Tektonik Sulawesi". Jurusan Teknik Geologi. Fakultas Teknik. UNHAS. Makassar. 1986.
  2. BILLINGS, M.P., : "Structural Geology". Prentice Hall of India. New Delhi. 1984.
  3. BLYTH, FGH., , : "A Geology for Engineers". Edward Arnold (Publisher) Ltd. London. 1956.
  4. DACKOMBE, & GARDINER,,: "Geomorphological Field Manual". George Allen & Unwin. London. 1983.
  5. GARRELS, R.M. , : "A Textbook of Geology". Harper & Brothers. New York. 1951.
  6. KATILI, J.A., & MARKS, P., : "Geologi". Departemen Urusan Research Nasional. Jakarta.
  7. Verhoef., "GEOLOGIE VOOR DE CIVIEL INGENIEUR". Alih Bahasa: Diraatmadja. Penerbit Erlangga. Jakarta. 1989.
reff : http://georek.blogspot.com/2010/03/pendahuluan.html
Labels: Geoteknik, Rekayasa

Thanks for reading GEOLOGI REKAYASA. Please share...!

1 Comment for "GEOLOGI REKAYASA"

Back To Top