justifikasi teknis dan perhitungan perkerasan jalan raya


DAFTAR  ISI


BAB I  PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang
1.2         Jenis Kegiatan
1.3         Lokasi Proyek
1.4         Sumber Dana
1.5         Manajemen Proyek
1.6         Data Kontrak

BAB II  RENCANA  PENANGANAN
2.1         Rencana Awal
2.2         Kondisi Lapangan
2.3         Rencana Penanganan

BAB III   PERMASALAHAN DAN PEMBAHASAN
3.1         Permasalahan
3.2         Dasar Pembuatan Justifikasi Teknik
3.3         Pembahasan

BAB  IV   KESIMPULAN  DAN  SARAN
4.1         Kesimpulan
4.2         Saran – saran

DAFTAR  LAMPIRAN
-       Perkiraan Kuantitas usulan Kontrak
-       Daftar Kuantitas Perhitungan Tambah Kurang
-       Gambar – gambar
-       Sketsa Penanganan






Text Box: PETA LOKASI PROYEK 



                         Ke Jeuram
Rectangular Callout: Awal  Proyek STA. 0 + 000                      
                











 
 



















 


      Ke Meulaboh























 










Ke Simpang Empat
                                                                    Blang Pidie


BAB I
PENDAHULUAN


1.1      URAIAN SINGKAT PROYEK

Dalam Rangka Meningkatkan sarana perhubungan darat sesuai dengan pertumbuhan arus lalu lintas dan meningkatkan tingkat perekonomian masyarakat, dimana kondisi jalan yang ada sekarang sangat mengkhawatirkan sehingga diperlukan penanganan segera (perbaikan jalan), dimana melalui Pemerintah Republik Indonesia Departemen Pekerjaan Umum Dinas  Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam segera melaksanakan Pemeliharaan Berkala Jalan Ujong Pasie – Ujong Fatihah Kabupaten Nagan Raya melalui Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (Otsus), Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi NAD. Dimana ruas jalan tersebut merupakan jalan perkotaan kota Nagan Raya yang lalu lintasnya sangat padat, maka dengan adanya pekerjaan pemeliharaan berkala jalan Ujong Pasie – Ujong Fatihah yang didanai dana Otonomi Khusus tahun anggaran 2008 akan berdampak sangat positif dimana masyarakat yang melintasi jalan tersebut merasa aman, lalu lintas semakin meningkat dan lancar.

1.2    LATAR BELAKANG

Jalan Ujong Pasie – Ujong Fatihah yang berada dalam kota Nagan Raya ini sudah selayaknya untuk diperbaiki, karena jalan tersebut memperihatinkan dan sudah lama tida dipelihara, kondisi jalan sudah seharusnya untuk diperbaiki dan diperlebarkan , dimana ruas jalan yang ada sekarang sudah tidak sebanding dengan perkembangan lalu lintas yang melintasi jalan tersebut karena untuk antisipasi terjadinya kemacetan pada simpang empat, maka dalam rangka meningkatkan sarana perhubungan darat sesuai dengan pertumbuhan lalu lintas dan ekonomi yang ada, kondisi jalan lama yang sudah tidak sempurna lagi untuk dilewati. Pemerintah Indonesia melalui Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam memandang perlu untuk melaksanakan pembangunan ruas jalan Ujong Pasie – Ujong Fatiha ,Kabupaten Nagan Raya melalui Bidang Program dan Kegiatan Pengawasan Teknis Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Pelaksanaan prinsip-prinsip tata pemerintah yang baik juga berlaku untuk keseluruhan pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan Pemeliharaan jalan dan Jembatan, termasuk Konsultan Pengawas.

1.3    Jenis Kegiatan.
Tahun anggaran 2008 telah ditetapkan Jenis Pekerjaan  Drainase, Pekerjaan Tanah, Pelebaran Perkerasan dan Bahu Jalan,  Perkerasan Berbutir, Perkerasan Aspal, Struktur dan Pekerjaan Pengembalian Kondisi dan Pekerjaan Minor..

1.4    Lokasi Proyek.
Secara administrasi lokasi kegiatan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan  berada dalam wilayah Kabupaten Nagan Raya Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

1.5    Sumber Dana
Pada tahun Anggaran   2008, Program Pemeliharaan Berkala Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi NAD , Paket HAR-WIL-XI.01 ,dibiayai dengan anggaran dana APBA, Tahun Anggaran 2008 dengan perincian sebagai berikut :

               *         Biaya pelaksanaan Fisik             = Rp. 3.492.643.840,00
               *         PPn 10%                                   = Rp.   349.264.384,00
               *         Total                                         = Rp. 3.841.908.224,00
               *         Dibulatkan                                = Rp. 3.841.908.000,00

1.5    Manajemen Proyek.
Sebagai Pemilik (owner) adalah Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Pemeliharaan  Berkala Jalan dan Jembatan Kabupaten Nagan Raya Provinsi NAD, yang dalam hal ini bertindak atas nama Pemerintah Republik Indonesia c/q Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Pemeliharaan Jalan dan jembatan

Penyedia Jasa Pelaksanaan Paket HAR-WIL-XI.01, Jalan Ujong Pasie – Ujong Fatihah adalah PT .Piyeung Jaya Perkasa, sedangkan Konsultan Supervisi yang bertugas mengawasi pekerjaan ini adalah PT. Cipta Jaya Utama Konsultan Ass CV. Ganessa Consulting Group.






BAB  II
RENCANA  PENANGANAN

2.1     Rencana  Awal
Rencana penanganan Paket HAR-WIL-XI.01 , Jalan Ujong Pasie – Ujong Fatihah berupa Pembangunan pada badan jalan terhadap jalan baru berupa jalan tanah  serta peningkatan kondisi jalan dari semi permanen menjadi kondisi permanen.

Design  awal untuk Paket HAR-WIL-XI.01,  jalan Ujong Pasie – Ujong Fatiha menggunakan konstruksi perencanaan penanganan sebagai berikut :
   *  Timbunan Pilihan dengan ketebalan   bervariasi
   *   Pasangan Batu dengan Mortar
   *  Lapis Pondasi Klas B untuk Bahu Jalan         
   *  Lapis Resap Pengikat
   *  Laston - Lapis Pengikat Aspal Beton (AC-BC)
   *  Lapis Pondasi Agregat Klas A
   *  Lapis Pondasi Agregat Klas B
   *  Beton K - 250
   *  Beton K - 175
   *  Baja Tulangan U-24 Polos
   *  Pasangan Batu

Perkiraan kuantitas awal adalah berdasarkan keseluruhan kebutuhan penanganan pekerjaan, dengan demikian penyajikan uraian kuantitas sesuai dengan kebutuhan dilapangan dan dapat diketahui setelah lakukan survey yang dilaksanakan bersama dilapangan.

2.2     Kondisi  Lapangan.
Kondisi lapangan merupakan daerah rawa  sehingga harus dipasang Geotextile pada badan jalan. Oleh sebab itu pekerjaan pada paket HAR-WIL-XI.01, jalan Ujong Pasie – Ujong Fatihah, Pemeliharaan  Berkala Jalan untuk rehabilitasi badan jalan meliputi pengembalian kondisi dan pelapisan perkerasan kembali, dan pekerjaan untuk pengamanan konstruksi jalan  berupa Pasangan Batu untuk mencegah terjadinya longsoran pada badan jalan.



2.3     Rencana  Penanganan
Adapun item pekerjaan pada paket Har-Wil.XI.01, jalan Ujong Pasie – Ujong Patihah. adalah sebagai berikut :

No
No. Item Pembayaran
Uraian Pekerjaan
Satuan
1.
1.2
Mobilisasi
Ls
2.
2.1
Galian Untuk Selokan Drainase dan Saluran Air
M3
3.
2.2
Pasangan Batu Dengan Mortar
M3
4.
3.1 (1)
Galian Biasa
M3
5.
3.1 (1)
Timbunan Pilihan
M3
6.
4.2 (2)
Lapis Pondasi Agregat Kelas B ( Bahu Jalan )
M3
7.
5.1 (1)
Lapis Pondasi Agregat Klas B
M3
8.
5.1 (2)
Lapis Pondasi Agregat Klas A
M3
9.
6.1 (1)
Lapis Resap Pengikat
Ltr
10.
6.3 (6a)
Laston-Lapis Pengikat Aspal Beton ( AC – BC )
M3
11.
7.1 (5)
Beton K - 250
M3
12.
7.1 (6)
Beton K - 175
M2
13.
7.3 (1)
Baja Tulangan U -24 Polos
Kg
11.
7.9
Pasangan Batu
M3










2.4     Gambaran Umum
    Nama Paket               : Pemeliharaan Berkala Jalan Ujong Pasie – Ujong Fatihah
    Nomor Paket             : HAR – WIL – XI. 01
    Lokasi                        : Kabupaten Nagan Raya
    Panjang efektif            : 2,3  Km
    Nomor Kontrak           : 218/SPKK/PBJ/PEMEL/DBC/APBA/2008
    Nilai kontrak               : Rp. 3.841.908.000,00
    Tanggal Kontrak         : 16 September  2008
    SPMK                        : 16 September  2008
    Akhir Masa Pelaksa.    : 15 Desember  2008
    Sumber Dana             : APBA Tahun 2008
    Waktu Pelaksanaan     : 91 Hari Kalender
    Masa Pemeliharaan     : 180 Hari Kalender
    Kontraktor Pelaksana :  PT . PIYEUNG JAYA PERKASA
    Konsultan Supervisi     : PT.Cipta Jaya Utama Konsultan Ass.CV.Ganessa Consulting Group


BAB  III
PERMASALAHAN  DAN  PEMBAHASAN

3.1      Permasalahan.
Berdasarkan hasil field engineering yang dilakukan bersama dengan pihak proyek, diketahui bahwa kondisi awal pada paket HAR – WIL – XI.01 Pemeliharaan Berkala Jalan Ujong Pasie – Ujong Fatihah  Kabupaten Nagan Raya yang terletak pada daerah rawa pada badan jalan harus dilapisi Geotexstile dimana kondisi tanahnya kalau terjadi hujan terjadi lembek berair  harus diadakan penggalian sedalam 40 cm kemudian dilapisi Geotexstile,Urugan Pilihan ,Pondasi Agregat Klas B, Pondasi Agregat Klas A,  

3.2   Dasar Pembuatan Justifikasi Teknik.
Pembuatan Justifikasi Teknik ini di dasarkan kepada :
a.       Kontrak Pelaksanaan Paket HAR-Wil–XI.01 dengan Nomor Kontrak : 218/SPKK/PEMEL/DBC/APBA/2008
b.      APBA Tahun Anggaran 2008
c.       Spesifikasi Teknik Pelaksanaan Pekerjaan
d.      Surak PPTK Pemeliharaan Jalan dan Jembatan  Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Perihal Rekayasa Lapangan
e.       Volume Pekerjaan hasil field engineering di lapangan.

3.2      Pembahasan
Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan lapangan, pekerjaan Pemeliharaan Berkala Jalan Ujong Pasie – Ujong Fatihah,  dengan berpedoman kepada dana yang tersedia, maka untuk mencukupi kebutuhan kuantitas rill di lapangan perlu diadakan penyesuaian pekerjaan.
Berdasarkan hal tersebut diatas maka manajemen proyek yang terdiri dari Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan , Kontraktor pelaksana dan Konsultan Supervisi melakukan evaluasi dari hasil rekayasa lapangan.








3.3       Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur

3.3.1.  Ruas jalan Utama Ibukota Suka Makmu.
            1.   Rencana dan Asumsi :
a.    Lalulintas sedang atau sama dengan 1.000.000. ESA
b.    Jalan 2 lajur
c.     Faktor Regional (FR) = 1
d.    CBR tanah dasar = 3%
e.    Pertumbuhan lalulintas 10%
f.     Lapis permukaan AC-BC
g.    Base A batu pecah (CBR 90%)
h.    Base B batu pecah (CBR 60%)
i.      Rencana jalan untuk 10 tahun

            2.   Data Lalulintas :
-          Kenderaan ringan 2 ton                    =    200    kenderaan
-          Truk 2 as 10 ton                               =      50    kenderaan
-          Truk 2 as 13 ton                               =      25    kenderaan
                                                LHR      =    275 kenderaan/hari/2jurusan
3.    Analisis Teknik :
a. LHR Akhir Rencana (1+i)n
-          Kenderaan ringan 2 ton                    =    519    kenderaan
-          Truk 2 as 10 ton                               =    130    kenderaan
-          Truk 2 as 13 ton                               =      65    kenderaan
                                                LHR      =    714    kenderaan/hari/2jurusan
b. Angka Ekivalen Masing-masing Kendaraan
-          Kenderaan ringan 2 ton                    =    0,0002 + 0,0002         =    0,0004
-          Truk 2 as 10 ton                               =    0,0577 + 0,2923         =    0,1593
-          Truk 2 as 13 ton                               =    0,1410 + 0,9238          =    1,0648
c. Nilai Lintas Ekivalen Pertama
-          Kenderaan ringan 2 ton                    =    0,5 x 200 x 0,0004      =      0,0400
-          Truk 2 as 10 ton                               =    0,5 x 50 x 0,1593       =      7,3075
-          Truk 2 as 13 ton                               =    0,5 x 25 x 1,0648        =    13,3100
                                                                                       LEP       =    20,6575
d. Nilai Lintas Ekivalen Akhir
-          Kenderaan ringan 2 ton                    =    0,5 x 2519 x 0,0004    =      0,1038
-          Truk 2 as 10 ton                               =    0,5 x 130 x 0,1593      =    10,3545
-          Truk 2 as 13 ton                               =    0,5 x 65 x 1,0648        =    34,6060
                                                                                                         LEA       =    45,0643
e. Nilai Lintas Ekivalen Tengah
      (LET) = 0,5 x (20,6575 + 45,0643) = 32,8609
f. Nilai Lintas Ekivalen Rencana
      (LER) = 32,8609 x 10/10 = 32,8609
g. Indeks Tebal Perkerasan
-          CBR 3%, DDT                                                     =    3,75
-          LER 33, IP                                                         =    2                  
-          AC-BC, IPo                                                        =    3,9 – 3,5
-          AC-BC, a1                                                         =    0,4
-          Batu pecah kelas A (CBR 90%), a2                       =    0,135
-          Batu pecah kelas B (CBR 60%), a3                        =    0,125
-          Paglag (existing), a4                                          =    0,11
-          Batas minimum tebal lapisan untuk IPT                =    6,5
h. Tebal Perkerasan
-          Alternatif 1
      ITP = a1*D1 + a2*D2 + a3*D3 + a4*D4
      6,5 = 0,4*5 + 0,135*D2 + 0,15*20+0,11*5
      D2 = 7 cm (minimum)

-          Alternatif 2
      ITP = a1*D1 + a2*D2 + a3*D3 + a4*D4
      6,5 = 0,4*5 + 0,135*D2 + 0,15*0+0,11*18
      D2 = 19 cm (minimum)



3.4.     Perencanaan Perkuatan Tanan (Geotextile) .
a.       Geotextile
Pada ruas jalan Utama Ibukota Suka Makmue digunakan geotextile type Polyfelt PEC 50 yang merupakan geotextile nonwoven yang terbuat dari polimer polipropilin yang diperkuat dengan serat-serat dari polyester bermodelus tinggi dan mempunyai creep rendah. Geotextile Polyfelt PEC mempunyai beberapa type berdasarkan kuat tarik batasnya yaitu dengan rentang 32 – 200 kN/m sebagai berikut:
-              Daya rentangnya 32 - 200 kN/m
-              Kuat Tarik Batas  ( 50 kN/m )
-              Kuat Tarik Ijin     ( 28,8 kN/m )

Berdasarkan spesifikasi diatas dapat dijelaskan sebagai berikut:
-              Mempunyai ketahanan jebol (puncture) terhadap material tajam yang cukup besar sehingga sangat baik dalam menjalankan fungsinya sebagai material separasi.
-              Creep rendah  yang menjadikan material ini dalam fungsi perkuatan.
-              Kemampuan pengaliran air yang sangat baik, baik horizontal maupun vertical.







Usulan Pekerjaan yang mengalami perubahan adalah sebagai berikut :

DIVISI 2. DRAINASE    
  
2.1      Galian untuk Selokan Drainase dan Saluran Air
      Untuk pekerjaan ini Sesuai dengan  rekayasa lapangan bertambah dari Volume awal  = 1.213,00 M3, menjadi = 2.380,00 M3 dikarenakan sesuai keadaan di lapangan

2.2     Pasangan batu dengan mortar
      Demikian juga dengan pekerjaan Pasangan Batu dengan Mortar   dihilangkan dari volume awal  = 419,00 M3  tetap menjadi   =  0,00 M3  .

DIVISI 3. PEKERJAAN TANAH

3.1(1) Galian Biasa.
Volume pekerjaan ini dihilangkan dari volume awal = 30,00 M3,  menjadi = 0,00 M3, dikarenakan sesuai Kebutuhan Riil di lapangan

3.2(1) Timbunan  Biasa.
Volume pekerjaan ini bertambah dari volume awal = 500,00 M3,  menjadi = 4.800,00 M3, dikarenakan sesuai Kebutuhan Riil di lapangan

3.2 (3) Timbunan Pilihan
Volume pekerjaan ini bertambah dari volume awal = 700,00 M3,  menjadi = 4.500,00 M3, dikarenakan sesuai Kebutuhan Riil di lapangan

3.3  Penyiapan Badan Jalan
Volume pekerjaan ini bertambah dari volume awal = 11.500,00 M3,  menjadi = 16.000,00 M3, dikarenakan sesuai Kebutuhan Riil di lapangan

DIVISI 4. PELEBARAN PERKERASAN DAN BAHU JALAN

4.2(2) Pekerjaan Lapis Pondasi Aggregat Klas B.
Pekerjaan ini dihilangkan dari volume awal= 460,00 M3 menjadi = 0,00 M3, mengingat keadaan tanah tidak mendukung, yaitu berupa tanah lembek .

DIVISI 6 PERKERASAN BERBUTIR
5.1 (1) Lapis Pondasi Agregat Klas A
Volume pekerjaan ini dihilangkan dari volume awal  = 1.380,00 M3
Menjadi = 0,00 M3  Karena menyesuaian kebutuhan riil dilapangan

5.1 (2) Lapis Pondasi Agregat Klas B
Volume pekerjaan ini dihilangkan dari volume awal = 1.840,00 M3 menjadi = 2.000,00 M3.
Karena menyesuaian kebutuhan riil dilapangan

DIVISI 6 PERKERASAN ASPAL

6.1(1) Pekerjaan Lapis Resap Pengikat
Volume pekerjaan ini dihiolangkan dari volume awal  = 10.120,00  ltr
Menjadi = 0,00 ltr. Karena menyesuaian kebutuhan riil dilapangan

6.3(6) Lapis Pengikat Aspal Beton ( AC – BC )
Volume pekerjaan ini juga dihilangkan dari volume awal = 460,00 M3  menjadi = 0,00 M3 Karena menyesuaian kebutuhan riil dilapangan

DIVISI 7 STRUKTUR

7.1      (5) Beton K - 250
Pekerjaan ini berkurang dari volume awal = 23,00 M3  menjadi = 9,17 M3 , sesuai rill dilapangan.

7.1      (6) Beton K - 175
Pekerjaan ini dihilangkan dari volume awal = 3,20 M3  menjadi = 0,00 M3 , sesuai rill dilapangan.

7.2      (1) Baja Tulangan U24 Polos
Pekerjaan ini tidak bertambah dari volume awal = 2.530,00 M3  menjadi = 1.571,30 M3 , sesuai rill dilapangan.




7.9      Pasangan Batu
Pekerjaan ini mengalami penambahan dari volume awal = 392,00 M3  menjadi = 841,20 M3 , sesuai rill dilapangan.

Daftar Pekerjaan Tambah / Kurang

No
No. Item Pembayaran
Uraian Pekerjaan
Keterangan
1.
1.2
Mobilisasi
Tetap
2.
2.1
Galian Untuk Selokan Drainase dan Saluran Air
Tambah
3.
2.2
Pasangan Batu Dengan Mortar
Kurang
4.
3.1 (1)
Galian Biasa
Kurang
5.
3.2 (2)
Timbunan Biasa
Tambah
6.



7.
3.2 (2)
Timbunan Pilihan
Tambah
8.
3.3
Penyiapan Badan Jalan
Tambah
9.
4.2 (2)
Lapis Pondasi Agregat Kelas B ( Bahu Jalan )
Kurang
10.
5.1 (1)
Lapis Pondasi Agregat Klas A
Kurang
11.
5.2 (2)
Lapis Pondasi Agregat Klas B
Tambah
12.
6.1 (1)
Lapis Resap Pengikat.
Kurang
13.
6.3 (6)
Laston – Lapis Pengikat Aspal Beton (AC – BC)
Kurang
14.
7.1 (5)
Beton K - 250
Kurang
15.
7.1 (6)
Beton K - 175
Kurang
16.
7.3 (1)
Baja Tulangan U24 Polos
Kurang
17.
7.9
Pasangan  Batu
Tambah
18.
7.16. (2)
Perkuatan Tanah ( Geotextile )
Tambah
















BAB IV
KESIMPULAN  DAN  SARAN

4.1      Kesimpulan

Dari hasil Field Engineering ( rekayasa lapangan) telah dapat diketahui daerah-daerah mana saja ruas jalan tersebut yang memerlukan tambahan pekerjaan atau yang tidak memerlukan tambahan pekerjaan, sehingga program penanganan tahun 2008 ini dapat dicapai dengan sempurna

Nilai kontrak awal tidak mengalami pertambahan nilai kontrak, sehingga nilai kontrak awal tetap sebesar Rp. 3.841.908.000,00  Rincian pekerjaan tambaha kurang dapat dilihat pada lampiran.
Waktu pelaksanaan tidak mengalami perubahan  tetap 91 hari kalender.


4.2      Saran – Saran

Demi kelancaran pekerjaan paket HAR – WIL – XI.01 Jalan Ujong Pasie – Ujong Fatihah untuk tahun 2008 ini disarankan untuk segera mempersiapkan kontrak Change Order (CCO) dan Addendum Kontrak kelengkapan administrasi lainnya.
















Text Box: FOTO PELAKSANAAN 














Text Box: FOTO PELAKSANAAN 



0 Comment for "justifikasi teknis dan perhitungan perkerasan jalan raya"

Back To Top