Cari Di Blog Ini

Loading...

SERJARAH, STRUKTUR TATA RUANG,DAN PERKEMBANGAN BELAWAN

Terimakasih Sudah Berkunjung, Jangan Lupa Like
Share Detail


SEJARAH, STRUKTUR TATA RUANG,
DAN PERKEMBANGAN BELAWAN


Aktivitas di Pelabuhan Container Belawan

  1. Sejarah Kota Belawan

  1. Gambar 3.1: Letak Belawan Diantara Sungai Deli dan Sungai Belawan

    Sejarah Kota Belawan sangat erat kaitannya dengan Pelabuhan Belawan itu sendiri. Daerah pelabuhan Belawan merupakan daerah yang strategis untuk perdagangan dunia pelabuhan Belawan berada di Selat Malaka dan berdekatan dengan Singapura yang merupakan pusat perdangangan dunia sejak zaman penjajahan dulu. Kota Belawan berkembang seiringan dengan perkembangan pelabuhan Belawan. Sejak zaman Kesultanan Deli, Belawan telah memerankan peranan penting dalam pertumbuhan kotaMedan. Pada awal kesultanan deli pusat kerajaan deli berada di daerah Belawan. Yang mana pada saat itu pusat kerajaan di bangun berdekatan dengan sumber perdagangan kerajaan deli sendiri. Segala komoditas perdagangan kerajaan deli seperti tembakau dan rempah-rempah di jual di daerah Belawan, begitu juga dengan komoditas yang masuk ke daerah kesultanan deli masuk melalui pelabuhan Belawan.

    Derah Belawan dilewati oleh dua sungai besar yang bermuara ke Pelabuhan Belawan. Dua sungai tersebut adalah Sungai Deli dan Sungai Belawan.  Dua sungai tersebut sempat membawa jaya Kota Belawan dengan pusat Kerajaan Delinya. Tapi seiring perkembangan zaman dua sungai tersebut mengalami sedimentasi dan pendangkalan. Hal  tersebut menyebabkan efek yang sangat besar terhadap perkembangan perdagangan di  Belawan  semakin merosot. Sehingga pada akhirnya pusat kerajaan deli di pindahkan ke tempat yang sekarang kita kenal dengan pusat kota Medan. Walaupun pusat kerajaan deli telah dipindahkan tetapi akses dari pusat kerajaan ke pelabuhan  masih merupakan hal yang utama. Dimana dibangunnya jalan yang langsung menuju ke Belawan dari pusat kerajaan.

    Saat ini Belawan juga masih tergantung pada pelabuhan Belawan. Hampir semua masyarakattnya mencari penghasilan di pelabuhan Belawan baik sebagai karyawan di usaha bongkar muat Belawan, sebagai nelayan, sebagai operator peralatan untuk jasa bongkar muat dan lain-lain. Sekarang ini masyarakat pribumi Belawan semakin terdesak oleh pendatang yang bekerja di daerah pelabuhan Belawan.

    1.      Data Pendukung Kota Belawan

    a.      Data Administrasi
    Secara administrasi pemerintahan Belawan merupakan sebuah kecamatan dengan Luasnya adalah 26,25 km² daqn mempunyai 6 kelurahan yang antara lain:
  2. Bagan Deli
  3. Belawan Bahagia
  4. Belawan Bahari
  5. Belawan Sicanang
  6. Belawan I
  7. Belawan II



b.  Jumlah penduduk
Pada tahun 2010 jumlah penduduk kota Belawan  adalah sebajak 95. 584 jiwa dimana 48. 833 jiwa  berjenis kelamin laki-laki dan 46.751 jiwa berjenis kelamin wanita dengan kepadatan penduduk < 4000 jiwa .  Data ini adalah berdasarkan sensus yang dilakukan oleh BPS kota Medan, tetapi tiap harinya jumlah penduduk yang berada di Belawan bisa naik 30 % dari data tersebut. Hal ini disebabkan daerah Belawan merupakan pusat industra dan pusat pelayanan jasa yang  dapat menarik sejumlah tenaga kerja dan pendatang untuk melakukan kegiatan di daerah Belawan. Untuk detail jumlah penduduk kota Belawan dapat dilihat pada tabel 3.1 dan kepadatan penduduknya pada gambar 3.2
Table 3.1 jumlah penduduk kota Medan 2010, sumber BPS

 
 
Table 3.1 jumlah penduduk kotaMedan 2010, sumber BPS

c.       Letak Geografis dan Topografi
Bila di tinjau dari kegiatan pelabuhan dunia Belawan memiliki letak yang sangat strategis yaitu berada di jalur perdagangan dunia di selat malaka. Topografi daerah Belawan merupakan daerah pesisir dengan sungai yang bermuara ke laut. Ditemukannya banyak daerah rawa dengan hutan bakau.
 
Gambar 3.2 : Letak Geografis Belawan
KecamatanMedan Belawan terletak di wilayah Utara Kota Medan dengan batas-batas sebagai berikut :
Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Deli Serdang
Sebelah Timur 
berbatasan dengan Kabupaten Deli Serdang
Sebelah Selatan 
berbatasan dengan Kecamatan Medan Marelan dan Kecamatan   Medan Labuhan
Sebelah Utara 
berbatasan dengan Selat Malaka









c.       Tata guna lahan
Daerah belahan pada dasarnya lahannya di peruntukkan untuk segala jenis fasilitas yang menunjang jasa kepelabuhanan. Penggunaan lahan pada umumya di Belawan adalah :
·         Daerah pemukiman

Daerah pemukiman masarakat Belawan dan para tenaga kerja yang beraktifitas di Belawan. Daerah pemukiman ini berada paling jauh dari pelabuhan Belawan itu sendiri
·         Dermaga untuk sandar kapal

Dermaga Belawan peruntukannya terdiri dari :
Terminal penumpang(kapal Pelni dan Fery) sepanjang 215 meter
Terminal peti kemas (internasional) 500 meter
Terminal peti kemas antar pulau (domestic) 350 meter
Terminal  curah cair minyak sawit 300 meter
Terminal  curah cair BBM 75  meter
Terminal  curah kering pupuk 100  meter
Terminal  curah kering semen 100  meter
Terminal  curah kering bungkil 100  meter
Terminal  general cargo 2. 184  meter
·         Pergudangan 

Pergudangan antara lain untuk jenis komoditas pupuk, semen yang mana sebelum diangkut dari pelabuhan Belawan terlebih dahulu masuk gudang untuk kegiatan packing.
·        Perkantoran untuk berbagai instansi di Belawan

Perkantoran letaknya berada setelah dermaga dan terminal yang  antara lain :
Kantor Syahbandar Belawan
Kantor Departemen Perhubungan
Kantor Navigasi
Kantor Administrator Pelabuhan / Otoritas Pelabuhan
Kantor Bergagai Macam Perusahaan Pelayaran
Kantor Karantina Hewan
Kantor Karantina Tumbuhan
Kantor Pelabuhan Indinesia, dll

·         Lapangan container
Karena perkembangan jasa logistic yang pada akhir –akhir ini lebih menyukai pengiriman barang melalui container, menyebabkan adanya kebutuhan lahan untuk menumpuk container di sekitar pelabuhan Belawan sebelum di angkut menuju importer atau eksportir barang tersebut.
 
Gambar 3.3 : Lapangan Penumpukan Container

3.      Potensi Perkembangan Kota Belawan

Seiring perkembangan perkembangan pelabuhan dunia dan pelabuhan Belawan, kota Belawan sebagai pendukungnya akan berkembang. Perkembangan pelabuhan Belawan yang saat ini sebagai gateway akan berkembang menjadi  hub internasional port sesuai dengan master plan pelabuan Belawan yang mana nantinya pelabuhan Belawan akan sejajar dengan pelabuhan singapura. Yang paling berkembang nantinya selain fasilitasnya adalah  berupa perkembangan kapal yang masuk dan melakukan bongkar muat di Belawan. Pada saat ini kapal yang melakukan aktivitas di Belawan merupakan kapal kecil yang memuat barang dari kapal besar di singapura. Pada perkembangannya sesuai master plan pelabuhan akan menyamai singapura. Jadi kapal internasional akan langsung menuju Belawan tanpa transit di singapura.

Perkembanganjumlah kapal dan ukuran kapal yang masuk ke pelabuhan Belawan juga akan mempengaruhi perkembangan sisi fasilitas dan ekonomi lainnya. Berupa banyaknya kunjungan warga asing ke Belawan yang nantinya akan mengembangkan industry wisata, hotrl, kuliner, dan industrri cendramata.
Pengaruh kunjungan kapal jugab akan mempengaruhi banyaknya banrang yang masuk sehingga kegiatan perdangan berkembang, ekonomi masarakat meningkat dan menyebabkan perkembangan gudang-gudang yang lebih besar, pabrik-pabrik  yang kebih besar serta kantor-kantor berbagai macam usaha di Belawan. Yang perkembangan tersebut di atas akan menunjang perkembangan fasilitas lain berupa rumah sakit, sekolah, tempat belanja, restoran dan lain sebagainya.

Related Posts by Categories



Widget by Sci-geoteknik

No comments:

Post a Comment