Cara Mudah Menginstall garmin mapsource, transfer datanya serta Peta Indonesia di Komputer


Mapsource merupakan software yang didapat ketika kita membeli produk GPS Garmin. Namun, Mapsource dapat kita gunakan sebagai alternatif untuk menampilkan peta digital Indonesia, yang dapat kita peroleh secara gratis. Sebenarnya, Mapsource dapat diinstall hanya ketika kita memiliki perangkat GPS Garmin. Namun demikian, kita masih bisa melakukan instalasi pada PC yang tidak dilengkapi dengan perangkat Garmin, yakni dengan melakukan instalasi Garmin BaseCamp terlebih dahulu.

Berikut adalah langkah-langkah instalasi Mapsource, khususnya untuk pengguna tanpa perangkat GPS Garmin.
1. Download dan install Garmin BaseCamp

2. Download dan install Garmin Mapsource

3. Download peta Indonesia di Navigasi.net
Catatan: Pilih peta Garmin.



4. Jalankan Setup Free Indonesia Map for Garmin NT (navnet_Garmin_v234-NT.exe). Pada opsi setup, beri tanda centang untuk "Install maps for MapSource application" dan "Create Garmin map".
Catatan: Secara default, peta hasil instalasi akan diekstrak pada path C:/myMaps/navigasi/v234


5. Jalankan Mapsource. Selanjutnya, pilih "[navigasi.net]Indonesia Map v2.34 NT free" pada bagian kiri atas jendela MapSource.

Selamat, kini Mapsource sudah ter-install pada komputer Anda!

Dengan menggunakan MapSource, Anda dapat melakukan pencarian terhadap nama kota/tempat atau PoI (Point of Interest) untuk seluruh wilayah Indonesia. Anda juga dapat melakukan pencarian rute dari lokasi A ke lokasi B layaknya Google Maps. Tentu saja, dengan tingkat kedetailan peta yang jauh lebih lengkap.

Melakukan pencarian Point of Interest dengan menggunakan MapSource
Transfer Data dari GPS
Sebelum kita mentranfer data, terlebih dahulu kita harus mengisntall driver usb, yang sudah terdapat di folder extract mapsource.
selanjutnya buka pogram mapsource : allprogram->garmin->mapsource
kemudian : tekan tombol receive from device

atau : di toolbar : Transfer -> Receive From Device ..
ini contoh hasilnya :

Hasil download data disave dalam file GDB, diedit dulu bagus-bagus, nama POI dibetulin dan track dibenerin, setelah itu file gdb.
Dan bagi Anda pemakai Garmin Mobile XT pastikan Anda export gpx dulu sebelum tekan Receive From Device…caranya di ponsel Anda tekan Tools | Manage My Data | Manage | Export GPX…Setelah export cabut memory card dan tancap ke pc dan lakukan receive from device lagi…
Sedangkan untuk kebalikannya klik Send To Device…

sumber :http://paymenpoint.wordpress.com/2012/01/08/cara-install-garmin-mapsource-dan-transfer-datanya/ dan http://analisis-statistika.blogspot.com/2013/02/cara-instalasi-garmin-mapsource-beserta.html

Labels: Gis

Thanks for reading Cara Mudah Menginstall garmin mapsource, transfer datanya serta Peta Indonesia di Komputer . Please share...!

1 Comment for "Cara Mudah Menginstall garmin mapsource, transfer datanya serta Peta Indonesia di Komputer "

Back To Top