Pekerjaan Muthual Check 0%

Langkah kerja muthual check 0% adalah survey kondisi awal penanganan proyek pada tahap persiapan guna megetahui perbandingan kondisi lapangan dengan design rencana kerja.

Proses ini dilakukan oleh 3 (tiga) instansi terkait proyek yaitu Departemen Pekerjaan Umum (PU) selaku pemilik proyek, konsultan pengawas selaku pengawas teknik dan anggaran dan kontraktor selaku penyedia jasa pelaksana.

Hasil survey ini nantinya akan dijadikan dasar pertimbangan bilamana terjadi perubahan kontrak.
Langkah Kerja Muthual Check 0%

Survey dilakukan terhadap semua jenis item kontrak yang berkaitan dengan uraian jenis pekerjaan, volume kebutuhan lapangan, harga satuan dilengkapi dengan berita acara pemeriksaan bersama, schedule rekap MC 0% maupun semua data-data menyangkut lokasi proyek.

Data-data laporan terkait muthual check 0% sebagai berikut :

Data Umum Kegiatan

Tersebut dalam dokumen kontrak semua data proyek seperti identitas proyek, nama paket pekerjaan, kordinat lokasi pekerjaan, stasiun dan kilo meter, peta lokasi dan quarry maupun nama pihak-pihak atau instansi terkait proyek.

Uraian Pekerjaan

Pemeriksaan penting dilakukan terhadap item kontrak secara detail dengan kondisi lapangan agar dapat diketahui semua jenis kegiatan yang tercantum dalam design rencana dan dapat dilakukan penanganan secara efektif dan efisien.

Pemeriksaan tersebut menyangkut fungsi konstruksi, elevasi maupun efisiensi pemanfaatan anggaran.

Volume Kebutuhan Lapangan

Berkaitan dengan uraian pekerjaan, volume kebutuhan lapangan dihitung sesuai design perencanaan dalam kontrak kerja yang disepakati secara efektif dan efisien sesuai fungsi dan kegunaannya dengan pertimbangan harga satuan yang berstandart, sehingga seimbang dengan ketersediaan anggaran.

Harga Satuan

Penentuan harga satuan pekerjaan dilakukan sesuai standart harga satuan nasional atau daerah dimana proyek itu dilakukan dan bilamana terjadi perubahan akibat penyesuaian anggaran daerah maka dilakukan perubahan tanpa merubah anggaran dasar yang disepakati dalam dokumen kontrak kerja.

Berita Acara Pemeriksaan Bersama example

Suatu berkas yang dibuat untuk melengkapi dokumen administrasi proyek, guna menjadi bukti bahwa telah dilaksanakannya pemeriksaan bersama oleh 3 (tiga) instansi proyek kepada otoritas proyek sesuai prosedur yang berlaku.

Schedule Rencana

Dibuat sebagai acuan waktu rencana pelaksanaan kegiatan dari mulai dikeluarkannya Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) sampai dengan berakhirnya kontak (PHO).

Dalam schedule rencana kerja, tercantum semua urutan kuantitas pekerjaan mulai dari uraian pekerjaan, volume, harga satuan, waktu kerja, persentase bobot, maupun perbandingan daviasi dan progress terlaksana.

Hal ini memudahkan pihak proyek dalam mengontrol progress pelaksanaan pekerjaan setiap hari dengan akurat dan professional.

Rekap MC 0%

Semua data-data hasil muthual check 0% dirangkum dalam sebuah laporan pengajuan untuk perubahan kontrak sesuai data hasil pemerikasaan bersama.

Laporan tersebut nantinya diperiksa dan diverifikasi oleh otoritas dalam hal ini pihak perencana proyek agar dapat diketahui harga terkoreksi maupun keseimbangan ketersediaan anggaran terhadap efisiensi kebutuhan lapangan.

Adapun cara setiap pelaku proyek dalam melakukan metode ini berbeda-beda, tergantung skill atau kemampuan setiap engineer dalam memriksa,meneliti,menganalisa dan mengelola lokasi serta data yang ada sebagai tindak lanjut dari program rencana kerja proyek.

Contoh Pekerjaan Mutual Check 0% Download

Sumber :https://fretswilsonlosa.blogspot.com/2018/08/langkah-kerja-muthual-check-0.html
Labels: Excell, Teknik Sipil

Thanks for reading Pekerjaan Muthual Check 0%. Please share...!

0 Comment for "Pekerjaan Muthual Check 0%"

Back To Top