Pondasi tiang Pancang dan teknis proyek


DAFTAR  ISI


BAB I  PENDAHULUAN
1.1         Uaraian Singkat Proyek
1.2         Latar Belakang
1.3         Jenis Kegiatan
1.4         Lokasi Proyek
1.5         Sumber Dana
1.6         Manajemen Proyek

BAB II  RENCANA  PENANGANAN
2.1         Rencana Awal
2.2         Kondisi Lapangan
2.3         Rencana Penanganan
2.4         Gambaran umum

BAB III   PERMASALAHAN DAN PEMBAHASAN
3.1         Permasalahan
3.2         Dasar Pembuatan Justifikasi Teknik
3.3         Pembahasan
3.4         Perencanaan Pekerjaan Abutment
3.5         Usulan Pekerjaan Tambah Kurang.

BAB  IV   KESIMPULAN  DAN  SARAN
4.1         Kesimpulan
4.2         Saran – saran

DAFTAR  LAMPIRAN
-       Perkiraan Kuantitas usulan Kontrak
-       Daftar Kuantitas Perhitungan Tambah Kurang
-       Gambar – gambar













Text Box: PETA LOKASI PROYEK





 






ke-Jeram









 





                                Jembatan Alue Ijok















 





                                                          Kantor Kabupaten




    
     simpang peat
         Nagan Raya
jln. maulaboh – tapak uan

ke. Maulaboh








BAB I
PENDAHULUAN


1.1      URAIAN SINGKAT PROYEK

Dalam Rangka Meningkatkan sarana perhubungan darat sesuai dengan pertumbuhan arus lalu lintas dan meningkatkan tingkat perekonomian masyarakat, dimana kondisi jembatan di sungai alue ijok belum ada, dan Pemerintah Republik Indonesia Departemen Pekerjaan Umum Dinas  Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam segera melaksanakan Pembangunan Jembatan Alue ijok Kabupaten Nagan Raya melalui Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA), Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi NAD. Dimana Jembatan tersebut merupakan jembatan penghubung antara Daerah Transmigrasi Perkebunan kelapa sawit ( SP-2 ) dan Daerah Pekerkebunan Kelapa Sawit Transmigrasi Batu Raja, maka dengan adanya pekerjaan pembangunan jembatan Krueng Trang ini  yang didanai dana APBA tahun anggaran 2008 akan berdampak sangat positif dimana masyarakat yang melintasi jembatan tersebut  aman, lalu lintas semakin meningkat dan Roda Perekonomian lancar.

1.2    LATAR BELAKANG

Jembatan Alue Ijok yang berada dalam Kabupaten Nagan Raya ini sudah selayaknya untuk dibangun, karena jembatan tersebut akan mempersingkat jarak jalan menuju Ibukota Suka makmue kususnya Masyarakat Transmigran Batu Raja, maka dalam rangka meningkatkan sarana perhubungan darat sesuai dengan pertumbuhan lalu lintas dan ekonomi yang ada,   Pemerintah Indonesia melalui Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam memandang perlu untuk melaksanakan pembangunan Jembatan Alue Ijok Kabupaten Nagan Raya melalui Bidang Program dan Kegiatan Pengawasan Teknis Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Pelaksanaan prinsip-prinsip tata pemerintah yang baik juga berlaku untuk keseluruhan pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan Pembangunan jalan dan Jembatan, termasuk Konsultan Pengawas.

1.3    Jenis Kegiatan.
Tahun anggaran 2008 telah ditetapkan Jenis Pekerjaan  Pembuatan Ebutmen Bentang 20 M    (bangunan bawah ) dan daerah Oprit Jembatan. Serta Bangunan Pelindung jembatan lainya.

1.4    Lokasi Proyek.
Secara administrasi lokasi kegiatan Pembangunan Jalan dan Jembatan  berada dalam wilayah Kabupaten Nagan Raya Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

1.5    Sumber Dana
Pada tahun Anggaran   2008, Program Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi NAD , Paket Bang – Kab. 15.05 ,dibiayai dengan anggaran dana APBA, Tahun Anggaran 2008 dengan perincian sebagai berikut :

               *         Biaya pelaksanaan Fisik             = Rp. 1.599.549.538.93
               *         PPn 10%                                   = Rp.  159.954.953.89
               *         Total                                         = Rp. 1.759.504.492.82
               *         Dibulatkan                                = Rp. 1.759.504.000,00

1.5    Manajemen Proyek.
Sebagai Pemilik (owner) adalah Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Pembangunan  Jalan dan Jembatan Kabupaten Nagan Raya Provinsi NAD, yang dalam hal ini bertindak atas nama Pemerintah Republik Indonesia c/q Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Pembangunan Jalan dan jembatan

Penyedia Jasa Pelaksanaan Paket Bang-Kab. 15.05. Pembangunan Jembatan Alue Ijok adalah PT .CITRA RATU BAIDURI sedangkan Konsultan Supervisi yang bertugas mengawasi pekerjaan ini adalah PT. Cipta Jaya Utama Konsultan Ass CV. Ganessa Consulting Group.






BAB  II
RENCANA  PENANGANAN

2.1     Rencana  Awal
Rencana penanganan Paket Bang – Kab.15.05 , Jembatan berupa Pembangunan Jembatan Bangunan Atas Dengan menggunakan Balok tipe I dengan Bentang 31.6 M

Design  awal untuk Paket Bang – Kab.15.05, Jembatan Alue Ijok menggunakan konstruksi perencanaan penanganan sebagai berikut :

   *  Beton K – 350.untuk Bangunan atas
   *  Beton K – 250, Untuk Slap . 
   *  Unit Pra cetak Type I bentang 31.6 M.
   *  Penyediaan Dinding Sumuran D – 400 cm
   *  Penurunan Dinding Sumuran D – 400 cm.
   *  Pasangan Batu
  
Perkiraan kuantitas awal adalah berdasarkan keseluruhan kebutuhan penanganan pekerjaan, dengan demikian penyajikan uraian kuantitas sesuai dengan kebutuhan dilapangan dan dapat diketahui setelah lakukan survey yang dilaksanakan bersama dilapangan.

2.2     Kondisi  Lapangan.
Kondisi lapangan merupakan daerah perkebunan Kelapa Sawit. Arus sungai Sangat Deras. Dan kalau sungai banjir  lalu -lintas tidak bisa menyebrang.













2.3     Rencana  Penanganan
Adapun item pekerjaan pada paket Bang-Kab. 15.05, Jebatan Alue Ijok. adalah sebagai berikut :

No
No. Item Pembayaran
Uraian Pekerjaan
Satuan
1.
1.2
Mobilisasi
Ls
2.
1.8 (3)
Pengambilan Data Sondir
Ls
3.
2.1
Galian Untuk Selokan dan Drainase
M3
4.
3.1 (1)
Galian Biasa
M3
5.
3.2 (3)
Galian Struktur dng kedalaman 0-2 M
M3
6.
3.2 (4)
Galian Struktur dng kedalaman 2-4 M
M3
7.
3.2 (1)
Timbunan Biasa
M3
8.
3.2 (2)
Timbunan Pilihan
M3
9.
7.1 (3)
Betok K-350
M3
10.
7.1 (5)
Beton K -250
M3
11.
7.2 (8)
Beton K-125
M3
12.
7.3 (1)
Baja Tulangan U-24 Polos
Kg
13
7.7 (1)b
Penyediaan Dinding sumuran Silinder D- 400cm
M
14
7.7 (2)b
Penurunan Dinding sumuran Silinder D- 400cm
M
15
7.9
Pasangan Batu
M3






2.4     Gambaran Umum
    Nama Paket               : Pembangunan Jembatan Alue Ijok.
    Nomor Paket             : Bang – Kab. 15.05
    Lokasi                        : Kota , Kabupaten Nagan Raya
    Bentang                     : 20 M
    Nomor Kontrak           : 096/SPKK/PBJ/DBC/APBA/IX/2008
    Nilai kontrak               : Rp. 1.759.504.000,00
    Tanggal Kontrak         : 3 Sebtembar  2008
    Mulai pelaksanaan      : 7 September  2008
    Sumber Dana             : APBA Tahun 2008
    Waktu Pelaksanaan     : 120 Hari Kalender
    Masa Pelaksanaan      : 180 Hari Kalender
    Kontraktor Pelaksana :  PT . CITRA RATU BAIDURI
    Konsultan Supervisi     : PT.Cipta Jaya Utama Konsultan Ass.CV.Ganessa Consulting Group





BAB  III
PERMASALAHAN  DAN  PEMBAHASAN

3.1      Permasalahan.
Berdasarkan hasil field engineering yang dilakukan bersama dengan pihak proyek, diketahui bahwa kondisi awal pada paket Bang – Kab. 15.05 Pembangunan Jembatan Alue Ijok Kabupaten NaganRaya. Adalah Belum ada  jembatan     sama  sekali. Dan perlu pembuatan Ebudment baru serta Perubahan Desind dari Pondasi Sumuran Ke Pondasi Tiang Pancang.

        
3.2     Dasar Pembuatan Justifikasi Teknik.
Pembuatan Justifikasi Teknik ini di dasarkan kepada :
a.       Kontrak Pelaksanaan Paket Bang – Kab. 15.05 Jembatan Alue Ijok , dengan Nomor Kontrak : 096/SPKK/PBJ/DBC/APBA/IX/2008
b.      APBA Tahun Anggaran 2008
c.       Spesifikasi Teknik Pelaksanaan Pekerjaan
d.      Surak PPTK Pemeliharaan Jalan dan Jembatan  Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Perihal Rekayasa Lapangan
e.       Volume Pekerjaan hasil field engineering di lapangan.

 3.3    Pembahasan
 Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan lapangan, pekerjaan Pembangunan Jembatan Alue Ijok,  dengan berpedoman kepada dana yang tersedia, maka untuk mencukupi kebutuhan kuantitas rill di lapangan perlu diadakan penyesuaian pekerjaan.
Berdasarkan hal tersebut diatas maka manajemen proyek yang terdiri dari Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan , Kontraktor pelaksana dan Konsultan Supervisi melakukan evaluasi dari hasil rekayasa lapangan.


3.4       PERENCANAAN PEKERJAAN EBUDMENT

3.4.1.  PONDASI
             Rencana dan Asumsi :
a.    Sumuran
b.    Tiang Pancang

Karena Data sondir yang ada menunjukan pondasi Dala (lebih  dari 6M maka menggunakan pondasi Tiang Pancang dengan D-40cm panjang 14 M. dari Jaya Kunstruksi.


 











3.4.2.   BANGUNAN BAWAH EBUTMENT

            Abutment dibuat dari bahan Beton K-250 dan Besi U-24. di cor Setempat dan harus        memenihi persyaratan beton bertulang degan memperhatikan sbb:


 






















3.4.4  USULAN PEKERJAAN TAMBAH KURANG

Usulan Pekerjaan yang mengalami perubahan adalah sebagai berikut :

                 
DIVISI 3. PEKERJAAN TANAH

3.1 (1) Galian Struktur dng kedalaman 2-4 m
Volume pekerjaan di tambah dari =100 M3 menjadi = 342 M3 dikarenakan sesuai Kebutuhan Riil di lapangan

3.2. (2)   Timbunan Pilihan
Volume pekerjaan ditambah dari =367 menjadi = 1269.36 dikarenakan sesuai Kebutuhan Riil di lapangan.

         7.1 (5) Beton K-250.
         Volume Beton K-250 mengalami penambahan dari volume semula= 69.69 m3 menjadi =  146.55 M3

         7.1 (5) Beton K-175.
         Volume beton K-175 di hilangkan karena tidak lagi ada pekerjaan siklop.
         7.1 (5) Beton K- 125.
         Volume beton K-175 Mengalami Pengurangan dari = 10 M3 menjadi 6.48 M3

         7.3 (1) Baja Tulangan U-24 Polos.
         Volume baja mengalami berkurang  dari = 17.357 Kg menjadi = 11.411.04  Kg sesuai Kondisi Riil di lapangan..

         7.7 (2)b Penyediaan Dinding Sumuran Silinder D-400.
         Dinding sumuran Silinder D-400 diganti dengan  Tian pancang D-40 cm. Sesuai hasil sondir dilapangan 14 M .


         7.7(1)  Penurunan Dinding Sumuran Sumuran D-400
         Harga satuan penurunan dinding Sumuran D-400 dihilangkan karena tidak ada lagi pondasi sumuran di ganti dengan tiang pancang.

7.7 (1)b Penyediaan tiang pancang beton pra tekan D.40 cm
         Merupakan item baru pengganti pondasi sumuran dengan D=40cm dan Panjang 14 M

7.7 (2) Pemancangan Tiang Pangcang D-40cm
         Merupakan item baru untuk pelaksanaan tiang pancang.

 7.1 Pasangan Batu
         Pekerjaan ini betambah dari volume awal = 350,00 M3  menjadi = 408.53 M3 , sesuai keadaan rill di lapangan

7.10. Batu Kosong
         Pekerjaan ini merupakan item baru untuk melindungi Abutmen dari derasnya arus sungai di bronjong

7.10 Bronjong
         Pekerjaan ini merupakan item baru untuk melindungi Abutmen dari derasnya arus sungai di bronjong


No
No. Item Pembayaran
Uraian Pekerjaan
Keterangan
1.
1.2
Mobilisasi
Tetap
2.
1.8 (3)
Pengambilan Data Sondir
Tetap
3.
2.1
Galian Untuk Selokan dan Drainase
Tetap
4.
3.1 (1)
Galian Biasa
Tetap
5.
3.2 (3)
Galian Struktur dng kedalaman 0-2 M
Tetap
6.
3.2 (4)
Galian Struktur dng kedalaman 2-4 M
Bertambah
7.
3.2 (1)
Timbunan Biasa
Tetap
8.
3.2 (2)
Timbunan Pilihan
Tetap
9.
7.1 (3)
Betok K-350
Tetap
10.
7.1 (5)
Beton K -250
Bertambah
11.
7.2 (8)
Beton K-125
Berkurang
12.
7.3 (1)
Baja Tulangan U-24 Polos
Berkurang
13
7.7 (1)b
Penyediaan Dinding sumuran Silinder D- 400cm
Dihilangkan
14
7.7 (2)b
Penurunan Dinding sumuran Silinder D- 400cm
Dihilangkan
15
7.9
Pasangan Batu
Bertambah


Tiang pancang
Item baru


BAB IV
KESIMPULAN  DAN  SARAN

4.1      Kesimpulan

Dari hasil Field Engineering ( rekayasa lapangan) telah dikerjakan berupa pondasi jembatan berupa Tiang Pancang dari beton pracetak pratekan dengan D=40cm. dan panjang 14m. serta bangunan bawah abutmen kunstruksi beton bertulang dengan K-250 . dan  perencanaan selanjutnya dengan jembatan konfensional kunstruksi beton K-350. Dengan bentang 20 M.

Nilai kontrak awal tidak mengalami pertambahan nilai kontrak, sehingga nilai kontrak awal tetap sebesar Rp. 1.759.504.000,00,-  Rincian pekerjaan tambah kurang dapat dilihat pada lampiran.
Waktu pelaksanaan tidak mengalami perubahan  tetap 104 hari kalender.


4.2      Saran – Saran

Demi kelancaran pekerjaan paket Bang – Kab. 15.05, jalan Jembatan Alue Ijok. untuk tahun 2008 ini disarankan untuk segera mempersiapkan kontrak Change Order (CCO) dan Addendum Kontrak kelengkapan administrasi lainnya.
Karena kondisi intensitas Hujan tinggi maka disarankan untuk Penambahan waktu Pelaksanaan.





















Text Box: FOTO PELAKSANAAN


 



























































































 








0 Comment for "Pondasi tiang Pancang dan teknis proyek"

Back To Top