DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Uaraian Singkat Proyek
1.2 Latar Belakang
1.3 Jenis Kegiatan
1.4 Lokasi Proyek
1.5 Sumber Dana
1.6 Manajemen Proyek
BAB II RENCANA PENANGANAN
2.1 Rencana Awal
2.2 Kondisi Lapangan
2.3 Rencana Penanganan
2.4 Gambaran umum
BAB III PERMASALAHAN DAN PEMBAHASAN
3.1 Permasalahan
3.2 Dasar Pembuatan Justifikasi Teknik
3.3 Pembahasan
3.4 Perencanaan Pekerjaan Abutment
3.5 Usulan Pekerjaan Tambah Kurang.
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran – saran
DAFTAR LAMPIRAN
- Perkiraan Kuantitas usulan Kontrak
- Daftar Kuantitas Perhitungan Tambah Kurang
- Gambar – gambar
ke-Jeram
Jembatan Alue Ijok
Kantor Kabupaten
simpang peat
Nagan Raya
jln. maulaboh – tapak uan
ke. Maulaboh
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 URAIAN SINGKAT PROYEK
Dalam Rangka Meningkatkan sarana perhubungan darat sesuai dengan pertumbuhan arus lalu lintas dan meningkatkan tingkat perekonomian masyarakat, dimana kondisi jembatan di sungai alue ijok belum ada, dan Pemerintah Republik Indonesia Departemen Pekerjaan Umum Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam segera melaksanakan Pembangunan Jembatan Alue ijok Kabupaten Nagan Raya melalui Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA), Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi NAD. Dimana Jembatan tersebut merupakan jembatan penghubung antara Daerah Transmigrasi Perkebunan kelapa sawit ( SP-2 ) dan Daerah Pekerkebunan Kelapa Sawit Transmigrasi Batu Raja, maka dengan adanya pekerjaan pembangunan jembatan Krueng Trang ini yang didanai dana APBA tahun anggaran 2008 akan berdampak sangat positif dimana masyarakat yang melintasi jembatan tersebut aman, lalu lintas semakin meningkat dan Roda Perekonomian lancar.
1.2 LATAR BELAKANG
Jembatan Alue Ijok yang berada dalam Kabupaten Nagan Raya ini sudah selayaknya untuk dibangun, karena jembatan tersebut akan mempersingkat jarak jalan menuju Ibukota Suka makmue kususnya Masyarakat Transmigran Batu Raja, maka dalam rangka meningkatkan sarana perhubungan darat sesuai dengan pertumbuhan lalu lintas dan ekonomi yang ada, Pemerintah Indonesia melalui Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam memandang perlu untuk melaksanakan pembangunan Jembatan Alue Ijok Kabupaten Nagan Raya melalui Bidang Program dan Kegiatan Pengawasan Teknis Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
Pelaksanaan prinsip-prinsip tata pemerintah yang baik juga berlaku untuk keseluruhan pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan Pembangunan jalan dan Jembatan, termasuk Konsultan Pengawas.
1.3 Jenis Kegiatan.
Tahun anggaran 2008 telah ditetapkan Jenis Pekerjaan Pembuatan Ebutmen Bentang 20 M (bangunan bawah ) dan daerah Oprit Jembatan. Serta Bangunan Pelindung jembatan lainya.
1.4 Lokasi Proyek.
Secara administrasi lokasi kegiatan Pembangunan Jalan dan Jembatan berada dalam wilayah Kabupaten Nagan Raya Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
1.5 Sumber Dana
Pada tahun Anggaran 2008, Program Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi NAD , Paket Bang – Kab. 15.05 ,dibiayai dengan anggaran dana APBA, Tahun Anggaran 2008 dengan perincian sebagai berikut :
Biaya pelaksanaan Fisik = Rp. 1.599.549.538.93
PPn 10% = Rp. 159.954.953.89
Total = Rp. 1.759.504.492.82
Dibulatkan = Rp. 1.759.504.000,00
1.5 Manajemen Proyek.
Sebagai Pemilik (owner) adalah Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Pembangunan Jalan dan Jembatan Kabupaten Nagan Raya Provinsi NAD, yang dalam hal ini bertindak atas nama Pemerintah Republik Indonesia c/q Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Pembangunan Jalan dan jembatan
Penyedia Jasa Pelaksanaan Paket Bang-Kab. 15.05. Pembangunan Jembatan Alue Ijok adalah PT .CITRA RATU BAIDURI sedangkan Konsultan Supervisi yang bertugas mengawasi pekerjaan ini adalah PT. Cipta Jaya Utama Konsultan Ass CV. Ganessa Consulting Group.
BAB II
RENCANA PENANGANAN
2.1 Rencana Awal
Rencana penanganan Paket Bang – Kab.15.05 , Jembatan berupa Pembangunan Jembatan Bangunan Atas Dengan menggunakan Balok tipe I dengan Bentang 31.6 M
Design awal untuk Paket Bang – Kab.15.05, Jembatan Alue Ijok menggunakan konstruksi perencanaan penanganan sebagai berikut :
Beton K – 350.untuk Bangunan atas
Beton K – 250, Untuk Slap .
Unit Pra cetak Type I bentang 31.6 M.
Penyediaan Dinding Sumuran D – 400 cm
Penurunan Dinding Sumuran D – 400 cm.
Pasangan Batu
Perkiraan kuantitas awal adalah berdasarkan keseluruhan kebutuhan penanganan pekerjaan, dengan demikian penyajikan uraian kuantitas sesuai dengan kebutuhan dilapangan dan dapat diketahui setelah lakukan survey yang dilaksanakan bersama dilapangan.
2.2 Kondisi Lapangan.
Kondisi lapangan merupakan daerah perkebunan Kelapa Sawit. Arus sungai Sangat Deras. Dan kalau sungai banjir lalu -lintas tidak bisa menyebrang.
2.3 Rencana Penanganan
Adapun item pekerjaan pada paket Bang-Kab. 15.05, Jebatan Alue Ijok. adalah sebagai berikut :
No | No. Item Pembayaran | Uraian Pekerjaan | Satuan |
1. | 1.2 | Mobilisasi | Ls |
2. | 1.8 (3) | Pengambilan Data Sondir | Ls |
3. | 2.1 | Galian Untuk Selokan dan Drainase | M3 |
4. | 3.1 (1) | Galian Biasa | M3 |
5. | 3.2 (3) | Galian Struktur dng kedalaman 0-2 M | M3 |
6. | 3.2 (4) | Galian Struktur dng kedalaman 2-4 M | M3 |
7. | 3.2 (1) | Timbunan Biasa | M3 |
8. | 3.2 (2) | Timbunan Pilihan | M3 |
9. | 7.1 (3) | Betok K-350 | M3 |
10. | 7.1 (5) | Beton K -250 | M3 |
11. | 7.2 (8) | Beton K-125 | M3 |
12. | 7.3 (1) | Baja Tulangan U-24 Polos | Kg |
13 | 7.7 (1)b | Penyediaan Dinding sumuran Silinder D- 400cm | M |
14 | 7.7 (2)b | Penurunan Dinding sumuran Silinder D- 400cm | M |
15 | 7.9 | Pasangan Batu | M3 |
| | | |
2.4 Gambaran Umum
• Nama Paket : Pembangunan Jembatan Alue Ijok.
• Nomor Paket : Bang – Kab. 15.05
• Lokasi : Kota , Kabupaten Nagan Raya
• Bentang : 20 M
• Nomor Kontrak : 096/SPKK/PBJ/DBC/APBA/IX/2008
• Nilai kontrak : Rp. 1.759.504.000,00
• Tanggal Kontrak : 3 Sebtembar 2008
• Mulai pelaksanaan : 7 September 2008
• Sumber Dana : APBA Tahun 2008
• Waktu Pelaksanaan : 120 Hari Kalender
• Masa Pelaksanaan : 180 Hari Kalender
• Kontraktor Pelaksana : PT . CITRA RATU BAIDURI
• Konsultan Supervisi : PT.Cipta Jaya Utama Konsultan Ass.CV.Ganessa Consulting Group
BAB III
PERMASALAHAN DAN PEMBAHASAN
3.1 Permasalahan.
Berdasarkan hasil field engineering yang dilakukan bersama dengan pihak proyek, diketahui bahwa kondisi awal pada paket Bang – Kab. 15.05 Pembangunan Jembatan Alue Ijok Kabupaten NaganRaya. Adalah Belum ada jembatan sama sekali. Dan perlu pembuatan Ebudment baru serta Perubahan Desind dari Pondasi Sumuran Ke Pondasi Tiang Pancang.
3.2 Dasar Pembuatan Justifikasi Teknik.
Pembuatan Justifikasi Teknik ini di dasarkan kepada :
a. Kontrak Pelaksanaan Paket Bang – Kab. 15.05 Jembatan Alue Ijok , dengan Nomor Kontrak : 096/SPKK/PBJ/DBC/APBA/IX/2008
b. APBA Tahun Anggaran 2008
c. Spesifikasi Teknik Pelaksanaan Pekerjaan
d. Surak PPTK Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Perihal Rekayasa Lapangan
e. Volume Pekerjaan hasil field engineering di lapangan.
3.3 Pembahasan
Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan lapangan, pekerjaan Pembangunan Jembatan Alue Ijok, dengan berpedoman kepada dana yang tersedia, maka untuk mencukupi kebutuhan kuantitas rill di lapangan perlu diadakan penyesuaian pekerjaan.
Berdasarkan hal tersebut diatas maka manajemen proyek yang terdiri dari Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan , Kontraktor pelaksana dan Konsultan Supervisi melakukan evaluasi dari hasil rekayasa lapangan.
3.4 PERENCANAAN PEKERJAAN EBUDMENT
3.4.1. PONDASI
Rencana dan Asumsi :
a. Sumuran
b. Tiang Pancang
Karena Data sondir yang ada menunjukan pondasi Dala (lebih dari 6M maka menggunakan pondasi Tiang Pancang dengan D-40cm panjang 14 M. dari Jaya Kunstruksi.
3.4.2. BANGUNAN BAWAH EBUTMENT
Abutment dibuat dari bahan Beton K-250 dan Besi U-24. di cor Setempat dan harus memenihi persyaratan beton bertulang degan memperhatikan sbb:
3.4.4 USULAN PEKERJAAN TAMBAH KURANG
Usulan Pekerjaan yang mengalami perubahan adalah sebagai berikut :
DIVISI 3. PEKERJAAN TANAH
3.1 (1) Galian Struktur dng kedalaman 2-4 m
Volume pekerjaan di tambah dari =100 M3 menjadi = 342 M3 dikarenakan sesuai Kebutuhan Riil di lapangan
3.2. (2) Timbunan Pilihan
Volume pekerjaan ditambah dari =367 menjadi = 1269.36 dikarenakan sesuai Kebutuhan Riil di lapangan.
7.1 (5) Beton K-250.
Volume Beton K-250 mengalami penambahan dari volume semula= 69.69 m3 menjadi = 146.55 M3
7.1 (5) Beton K-175.
Volume beton K-175 di hilangkan karena tidak lagi ada pekerjaan siklop.
7.1 (5) Beton K- 125.
Volume beton K-175 Mengalami Pengurangan dari = 10 M3 menjadi 6.48 M3
7.3 (1) Baja Tulangan U-24 Polos.
Volume baja mengalami berkurang dari = 17.357 Kg menjadi = 11.411.04 Kg sesuai Kondisi Riil di lapangan..
7.7 (2)b Penyediaan Dinding Sumuran Silinder D-400.
Dinding sumuran Silinder D-400 diganti dengan Tian pancang D-40 cm. Sesuai hasil sondir dilapangan 14 M .
7.7(1) Penurunan Dinding Sumuran Sumuran D-400
Harga satuan penurunan dinding Sumuran D-400 dihilangkan karena tidak ada lagi pondasi sumuran di ganti dengan tiang pancang.
7.7 (1)b Penyediaan tiang pancang beton pra tekan D.40 cm
Merupakan item baru pengganti pondasi sumuran dengan D=40cm dan Panjang 14 M
7.7 (2) Pemancangan Tiang Pangcang D-40cm
Merupakan item baru untuk pelaksanaan tiang pancang.
7.1 Pasangan Batu
Pekerjaan ini betambah dari volume awal = 350,00 M3 menjadi = 408.53 M3 , sesuai keadaan rill di lapangan
7.10. Batu Kosong
Pekerjaan ini merupakan item baru untuk melindungi Abutmen dari derasnya arus sungai di bronjong
7.10 Bronjong
Pekerjaan ini merupakan item baru untuk melindungi Abutmen dari derasnya arus sungai di bronjong
No | No. Item Pembayaran | Uraian Pekerjaan | Keterangan |
1. | 1.2 | Mobilisasi | Tetap |
2. | 1.8 (3) | Pengambilan Data Sondir | Tetap |
3. | 2.1 | Galian Untuk Selokan dan Drainase | Tetap |
4. | 3.1 (1) | Galian Biasa | Tetap |
5. | 3.2 (3) | Galian Struktur dng kedalaman 0-2 M | Tetap |
6. | 3.2 (4) | Galian Struktur dng kedalaman 2-4 M | Bertambah |
7. | 3.2 (1) | Timbunan Biasa | Tetap |
8. | 3.2 (2) | Timbunan Pilihan | Tetap |
9. | 7.1 (3) | Betok K-350 | Tetap |
10. | 7.1 (5) | Beton K -250 | Bertambah |
11. | 7.2 (8) | Beton K-125 | Berkurang |
12. | 7.3 (1) | Baja Tulangan U-24 Polos | Berkurang |
13 | 7.7 (1)b | Penyediaan Dinding sumuran Silinder D- 400cm | Dihilangkan |
14 | 7.7 (2)b | Penurunan Dinding sumuran Silinder D- 400cm | Dihilangkan |
15 | 7.9 | Pasangan Batu | Bertambah |
| | Tiang pancang | Item baru |
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan
Dari hasil Field Engineering ( rekayasa lapangan) telah dikerjakan berupa pondasi jembatan berupa Tiang Pancang dari beton pracetak pratekan dengan D=40cm. dan panjang 14m. serta bangunan bawah abutmen kunstruksi beton bertulang dengan K-250 . dan perencanaan selanjutnya dengan jembatan konfensional kunstruksi beton K-350. Dengan bentang 20 M.
Nilai kontrak awal tidak mengalami pertambahan nilai kontrak, sehingga nilai kontrak awal tetap sebesar Rp. 1.759.504.000,00,- Rincian pekerjaan tambah kurang dapat dilihat pada lampiran.
Waktu pelaksanaan tidak mengalami perubahan tetap 104 hari kalender.
4.2 Saran – Saran
Demi kelancaran pekerjaan paket Bang – Kab. 15.05, jalan Jembatan Alue Ijok. untuk tahun 2008 ini disarankan untuk segera mempersiapkan kontrak Change Order (CCO) dan Addendum Kontrak kelengkapan administrasi lainnya.
Karena kondisi intensitas Hujan tinggi maka disarankan untuk Penambahan waktu Pelaksanaan.
0 Comment for "Pondasi tiang Pancang dan teknis proyek"