Apa perbedaan antara pondasi tapak, pondasi menerus dan pondasi rakit?



Pondasi dangkal (Shallow foundation) umumnya diartikan sebagai dasar dengan kedalaman kurang dari 3m dari permukaan tanah. Dalam kasus beban permukaan atau kondisi permukaan masih bisa mempengaruhi daya dukung, fondasi yang duduk di atasnya disebut pondasi dangkal.

Pondasi tapak (Pad foundation) mengacu pada pondasi yang ditujukan untuk mempertahankan beban terpusat dari beban titik seperti kolom struktural.

Pondasi menerus (Strip foundation) digunakan untuk mendukung garis beban seperti dinding. Misalnya, kolom praktis membuat penggunaan pondasi telapak yang tidak cocok dan pondasi menerus mungkin menjadi alternatif yang lebih baik.

Pondasi rakit terdiri dari beton yang membentang di atas seluruh area yg dimuat dan beban dari seluruh struktur tersebar di wilayah yang luas sehingga pengurangan stres tanah pada pondasi berkurang. Selain itu, pondasi rakit berfungsi untuk menghindari penurunan diferensial (differential settlement) yang kemungkinan lebih besar akan terjadi jika pondasi telapak atau pondasi menerus digunakan
Labels: Pondasi

Thanks for reading Apa perbedaan antara pondasi tapak, pondasi menerus dan pondasi rakit?. Please share...!

0 Comment for "Apa perbedaan antara pondasi tapak, pondasi menerus dan pondasi rakit?"

Back To Top